Penggunaan Teknologi Digital dalam Pendidikan Agama Kristen di Era Postmodern
Keywords:
Teknologi Digital, PAK, Era PostmodernAbstract
Abstract
This study examines the use of digital technology in learning Christian Religious Education (PAK) in the postmodern era, which has brought very significant changes today, where the development of this technology has also changed various aspects of life, including in the world of education. The postmodern era is characterized by plurality, relativity of values, and very rapid changes in information technology. The use of digital technology in learning allows as a medium of delivering material that is more interactive, flexible, and in accordance with the needs of the current generation. Through a qualitative approach, this study analyzes how digital technology is used to support more interactive, relevant, and contextual learning in accordance with the challenges being faced in a postmodern society. The results of this study show that digital technology can be one of the most effective tools in conveying religious values and deepening students' faith, as long as it is used wisely and contextually. However, there are also concerns and challenges in the use of technology related to the negative impact of technology use, such as the tendency and dependence on technology for every industry and the influence of digital technology on every student. This study provides a recommendation for the development of a more effective learning strategy in PAK by utilizing a digital technology to the maximum.
Abstrak
Penelitian ini mengkaji penggunaan teknologi digital dalam pembelajaran Pendidikan Agama Kristen (PAK) di era postmodern, telah membawa perubahan yang sangat signifikan saat ini, dimana perkembangan teknologi ini juga telah merubah berbagai aspek dikehidupan, termasuk dalam dunia pendidikan. Era postmodern ditandai dengan pluralitas, relativitas nilai, dan perubahan yang sangat cepat dalam teknologi informasi. Penggunaan teknologi digital dalam pembelajaran memungkinkan sebagai media penyampaian materi yang lebih interaktif, fleksibel, dan sesuai dengan kebutuhan generasi saat ini. Melalui pendekatan kualitatif, penelitian ini menganalisis bagaimana teknologi digital digunakan untuk mendukung dalam pembelajaran yang lebih interaktif, relevan, dan kontekstual sesuai dengan tantangan yang sedang dihadapi dalam masyarakat postmodern. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa teknologi digital dapat menjadi salah satu alat yang sangat efektif dalam menyampaikan nila-nilai agama dan memperdalam iman siswa, asalkan digunakan dengan secara bijaksana dan kontekstual. Namun ada juga kekhawatiran dan tantangan dalam pemakain teknologi terkait dampak negatif penggunaan teknologi, seperti kecenderungan dan ketergantungan pada teknologi terhadap setiap induvidualisme dan pengaruh teknologi digital pada setiap siswa. Penelitian ini memberikan suatu rekomendasi untuk pengembangan strategi pembelajaran dalam PAK yang lebih efektif dengan memanfaatkan sebuah teknologi digital dengan secara maksimal.
References
Aji Silmi, Thoriq, and Abdulloh Hamid. “Urgensi Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi.” Inspiratif Pendidikan 12, no. 1 (2023): 69–77.
Akbar, Ayu Febrianti, and Suryo Ediyono. “Perspektif Pemikiran Postmodernisme Dalam Pembelajaran Untuk Membangun Generasi Milenial Bijaksana Di Era Abad Ke-21.” In Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series, 5:1–8, 2022.
Apriyanti, R S, Djoys Anneke Rantung, and Lamhot Naibaho. “Integrasi Teknologi Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen ( PAK ) Sebagai Peluang Dan Tantangan Di Era Digital.” Journal of Educational 06, no. 01 (2023): 7607–7613.
Aritonang, Delinda Elizabeth, Fernando Dapot Hamonangan Lumbantobing, and Jilian Kristina Laondang. “Makna Relasi Menurut Perspektif Martin Buber Dalam Komunikasi Di Era Teknologi Digital Dan Relevansinya Dalam PAK.” Regula Fidei: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 9, no. 2 (2024): 180–189.
Boiliu, Esti Regina. “Pembelajaran PAK Di Era Digital: Sikap Inklusivisme Di Tengah Kemajemukan.” Jurnal Luxnos 7, no. 1 (2021): 77–89.
Boiliu, Fredik Melkias. “Peran Pendidikan Agama Kristen Di Era Digital Sebagai Upaya Mengatasi Penggunaan Gadget Yang Berlebihan Pada Anak Dalam Keluarga Di Era Disrupsi 4.0.” REAL DIDACHE: Journal of Christian Education 1, no. 1 (2020): 25–38.
Butarbutar, Imelda. “Peran Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Dekadensi Moral Siswa Menghadapi Era Digital.” Jurnal Suluh Pendidikan 10, no. 2 (2022): 70–78.
Faizal, Liky. “Hukum Yang Berkeadilan Dalam Paradigma Postmodernisme Di Era Globalisasi.” ASAS: Jurnal Hukum Ekonomi Syariah 4, no. 2 (2012).
Fatimah, Siti, Shinta April Lailia, Afil Fres Seftiana, Sri Ayu, and Vesti Nurmala Rista. “Mengintegrasikan Teknologi Digital Dalam Pembelajaran Di MI/SD Pada Era Revolusi Industri 5.0.” SIGNIFICANT : Journal of Research And Multidisciplinary 01, no. 02 (2023): 82–89.
Fitrianti, Rizqi. “Simulacrum Media Di Era Postmodern: Analisa Semiotika Jean Baudrillard Dalam Narasi Iklan Kecantikan Dove Edisi ‘Dove Real Beauty Sketches.’” Bureaucracy Journal: Indonesia Journal of Law and Social-Political Governance 1, no. 2 (2021): 92–117.
Hidayat, Medhy Aginta. “Menimbang Teori-Teori Sosial Postmodern: Sejarah, Pemikiran, Kritik Dan Masa Depan Postmodernisme.” Journal of Urban Sociology 2, no. 1 (2019): 42–64.
Jonatan, Jonatan, and Anwar Three Millenium Waruwu. “Peran Teknologi Digital Dalam Pengembangan Pembelajaran Kristen Di Era Digital.” ANTHOR: Education and Learning Journal 2, no. 6 (2023): 805–811.
Manurung, Aldo D. “PENTINGNYA TEKNOLOGI DALAM PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN.” OSF Preprints. September 12 (2022).
Mestika Zed. Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia, 2017.
Munthe, Anggie Pitaloka, and Dorlan Naibaho. “Hubungan Teknologi Pendidikan Dalam Pembelajaran Pak.” Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora 2, no. 4 (2023): 12845–12849.
Ndruru, Beriaman, and Mozes Lawalata. “Signifikansi Guru Pendidikan Agama Kristen Di Era Teknologi Terhadap Karakter Rohani Peserta Didik.” Jurnal Teologi Cultivation 7, no. 1 (2023): 152–169.
Pantan, Frans. “Chatgpt Dan Artificial Intelligence: Kekacauan Atau Kebangunan Bagi Pendidikan Agama Kristen Di Era Postmodern.” Diegesis : Jurnal Teologi 8, no. 1 (2023): 108–120.
Prasetya, Penta Astari, Agusthina Siahaya, and Mercy F Halamury. “Kreativitas Guru Pendidikan Agama Kristen Menggunakan Teknologi Digital Sebagai Media Pembelajaran Yang Menyenangkan Di SMK Wira Harapan--Bali.” Jurnal Shanan 8, no. 1 (2024): 17–38.
Putri, Zaskia, Aulia Azzahra, Yayang Furi Furnamasari, Dinie Anggraeni Dewi, Pendidikan Guru, and Sekolah Dasar. “Pengaruh Teknologi Digital Terhadap Persatuan Dan Kesatuan Bangsa Indonesia.” Jurnal Pendidikan Tambusai Volume 5 N (2021): 9232–9240.
Rantung, Djoys Anneke, Lamhot Naibaho, and others. “Integrasi Teknologi Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen (PAK) Sebagai Peluang Dan Tantangan Di Era Digital.” Journal on Education 6, no. 1 (2023): 7607–7613.
Rungkat, Nova Jelly, Noh Ibrahim Boiliu, Djoys Aneke Rantung, and Pricylia Elviera Rondo. “Hubungan Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Dengan Teknologi Pendidikan.” Te Deum (Jurnal Teologi dan Pengembangan Pelayanan) 11, no. 2 (2022): 279–297.
Santoso, Aris Prio Agus, and Muhamad Habib. “Relasi Filsafat Ilmu, Hukum, Agama Dan Teknologi.” JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan) 7, no. 1 (2023): 783–792.
Saputra, Tjendanawangi, and Serdianus Serdianus. “Peran Pendidikan Agama Kristen Dalam Menjawab Tantangan Perkembangan Teknologi Di Era Posthuman.” Jurnal Gamaliel: Teologi Praktika 4, no. 1 (2022): 44–61.
Sarah, Lina, and Ellyatun Tarigan. “TANTANGAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN PADA ANAK DI ERA DIGITAL” (n.d.).
Sihotang, Hermanto. “Penggunaan Media Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Di Masa Pandemi Covid-19.” Penggunaan Media Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen di Masa Pandemi Covid-19 1, no. 2 (2020): 63.
Siregar, Nurliani, Romulus Sirait, Ruth Ningsih Nababan, and Sri Renata Sagala. “Penerapan Teknologi Dalam Mengantisipasi Globalisasi Terhadap Pertumbuhan Karakter Naposo Bulung Di HKBP Pantai Cermin.” Innovative: Journal Of Social Science Research 4, no. 4 (2024): 4701–4716.
Siregar, Viktor Deni, and Fredik Melkias Boiliu. “Pendidikan Agama Kristen Humanis Sebagai Pendekatan Dalam Membina Sikap Toleransi Beragama.” REGULA FIDEI Jurnal Pendidikan Agama Kristen 8, no. 1 (2023): 10–17.
Tafonao, Talizaro, Ya’aman Gulo, Tri Murni Situmeang, and Agiana Her Visnhu Ditakristi. “Tantangan Pendidikan Agama Kristen Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Kristen Pada Anak Usia Dini Di Era Teknologi.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6, no. 5 (2022): 4847–4859.
Telaumbanua, Arozatulo. “Implementasi Pendidikan Agama Kristen Di Era Tekonologi.” SANCTUM DOMINE: JURNAL TEOLOGI (2020).
Togatorop, Jonson, Dyoys Anneke Rantung, Lamhot Naibaho, and Esti Regina Boiliu. “Pendampingan Pendidikan Agama Kristen Terhadap Peningkatan Literasi Digital Orangtua Milenial.” Regula Fidei: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 9, no. 1 (2024): 56–67.
Umrati, and Hengki Wijaya. Analisis Data Kualitatif Teori Konsep Dalam Penelitian Pendidikan. Sulawesi Selatan: Sekolah Tinggi Theologia Jaffray, 2020.
Walean, Rudi Roberto, Jefrit Johanis Messakh, Laurenz Enjelina Siagian, Fenieli Harefa, and Kasieli Harefa. “Peran Pendidikan Agama Kristen Bagi Remaja Dalam Menghadapi Tantangan Zaman Di Era Digital.” Regula Fidei: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 9, no. 1 (2024): 68–80.
William, Robert, and Ferry Simanjuntak. “Misi Gereja Era Post Modern.” Journal of Industrial Engineering & Management Research 3, no. 4 (2022): 120–131.
Zega, Yunardi Kristian. “Peran Guru PAK Memanfaatkan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Peserta Didik.” Jurnal Apokalupsis 13, no. 1 (2022): 70–92.
Aji Silmi, Thoriq, and Abdulloh Hamid. “Urgensi Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi.” Inspiratif Pendidikan 12, no. 1 (2023): 69–77.
Akbar, Ayu Febrianti, and Suryo Ediyono. “Perspektif Pemikiran Postmodernisme Dalam Pembelajaran Untuk Membangun Generasi Milenial Bijaksana Di Era Abad Ke-21.” In Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series, 5:1–8, 2022.
Apriyanti, R S, Djoys Anneke Rantung, and Lamhot Naibaho. “Integrasi Teknologi Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen ( PAK ) Sebagai Peluang Dan Tantangan Di Era Digital.” Journal of Educational 06, no. 01 (2023): 7607–7613.
Aritonang, Delinda Elizabeth, Fernando Dapot Hamonangan Lumbantobing, and Jilian Kristina Laondang. “Makna Relasi Menurut Perspektif Martin Buber Dalam Komunikasi Di Era Teknologi Digital Dan Relevansinya Dalam PAK.” Regula Fidei: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 9, no. 2 (2024): 180–189.
Boiliu, Esti Regina. “Pembelajaran PAK Di Era Digital: Sikap Inklusivisme Di Tengah Kemajemukan.” Jurnal Luxnos 7, no. 1 (2021): 77–89.
Boiliu, Fredik Melkias. “Peran Pendidikan Agama Kristen Di Era Digital Sebagai Upaya Mengatasi Penggunaan Gadget Yang Berlebihan Pada Anak Dalam Keluarga Di Era Disrupsi 4.0.” REAL DIDACHE: Journal of Christian Education 1, no. 1 (2020): 25–38.
Butarbutar, Imelda. “Peran Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Dekadensi Moral Siswa Menghadapi Era Digital.” Jurnal Suluh Pendidikan 10, no. 2 (2022): 70–78.
Faizal, Liky. “Hukum Yang Berkeadilan Dalam Paradigma Postmodernisme Di Era Globalisasi.” ASAS: Jurnal Hukum Ekonomi Syariah 4, no. 2 (2012).
Fatimah, Siti, Shinta April Lailia, Afil Fres Seftiana, Sri Ayu, and Vesti Nurmala Rista. “Mengintegrasikan Teknologi Digital Dalam Pembelajaran Di MI/SD Pada Era Revolusi Industri 5.0.” SIGNIFICANT : Journal of Research And Multidisciplinary 01, no. 02 (2023): 82–89.
Fitrianti, Rizqi. “Simulacrum Media Di Era Postmodern: Analisa Semiotika Jean Baudrillard Dalam Narasi Iklan Kecantikan Dove Edisi ‘Dove Real Beauty Sketches.’” Bureaucracy Journal: Indonesia Journal of Law and Social-Political Governance 1, no. 2 (2021): 92–117.
Hidayat, Medhy Aginta. “Menimbang Teori-Teori Sosial Postmodern: Sejarah, Pemikiran, Kritik Dan Masa Depan Postmodernisme.” Journal of Urban Sociology 2, no. 1 (2019): 42–64.
Jonatan, Jonatan, and Anwar Three Millenium Waruwu. “Peran Teknologi Digital Dalam Pengembangan Pembelajaran Kristen Di Era Digital.” ANTHOR: Education and Learning Journal 2, no. 6 (2023): 805–811.
Manurung, Aldo D. “PENTINGNYA TEKNOLOGI DALAM PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN.” OSF Preprints. September 12 (2022).
Mestika Zed. Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia, 2017.
Munthe, Anggie Pitaloka, and Dorlan Naibaho. “Hubungan Teknologi Pendidikan Dalam Pembelajaran Pak.” Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora 2, no. 4 (2023): 12845–12849.
Ndruru, Beriaman, and Mozes Lawalata. “Signifikansi Guru Pendidikan Agama Kristen Di Era Teknologi Terhadap Karakter Rohani Peserta Didik.” Jurnal Teologi Cultivation 7, no. 1 (2023): 152–169.
Pantan, Frans. “Chatgpt Dan Artificial Intelligence: Kekacauan Atau Kebangunan Bagi Pendidikan Agama Kristen Di Era Postmodern.” Diegesis : Jurnal Teologi 8, no. 1 (2023): 108–120.
Prasetya, Penta Astari, Agusthina Siahaya, and Mercy F Halamury. “Kreativitas Guru Pendidikan Agama Kristen Menggunakan Teknologi Digital Sebagai Media Pembelajaran Yang Menyenangkan Di SMK Wira Harapan--Bali.” Jurnal Shanan 8, no. 1 (2024): 17–38.
Putri, Zaskia, Aulia Azzahra, Yayang Furi Furnamasari, Dinie Anggraeni Dewi, Pendidikan Guru, and Sekolah Dasar. “Pengaruh Teknologi Digital Terhadap Persatuan Dan Kesatuan Bangsa Indonesia.” Jurnal Pendidikan Tambusai Volume 5 N (2021): 9232–9240.
Rantung, Djoys Anneke, Lamhot Naibaho, and others. “Integrasi Teknologi Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen (PAK) Sebagai Peluang Dan Tantangan Di Era Digital.” Journal on Education 6, no. 1 (2023): 7607–7613.
Rungkat, Nova Jelly, Noh Ibrahim Boiliu, Djoys Aneke Rantung, and Pricylia Elviera Rondo. “Hubungan Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Dengan Teknologi Pendidikan.” Te Deum (Jurnal Teologi dan Pengembangan Pelayanan) 11, no. 2 (2022): 279–297.
Santoso, Aris Prio Agus, and Muhamad Habib. “Relasi Filsafat Ilmu, Hukum, Agama Dan Teknologi.” JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan) 7, no. 1 (2023): 783–792.
Saputra, Tjendanawangi, and Serdianus Serdianus. “Peran Pendidikan Agama Kristen Dalam Menjawab Tantangan Perkembangan Teknologi Di Era Posthuman.” Jurnal Gamaliel: Teologi Praktika 4, no. 1 (2022): 44–61.
Sarah, Lina, and Ellyatun Tarigan. “TANTANGAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN PADA ANAK DI ERA DIGITAL” (n.d.).
Sihotang, Hermanto. “Penggunaan Media Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Di Masa Pandemi Covid-19.” Penggunaan Media Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen di Masa Pandemi Covid-19 1, no. 2 (2020): 63.
Siregar, Nurliani, Romulus Sirait, Ruth Ningsih Nababan, and Sri Renata Sagala. “Penerapan Teknologi Dalam Mengantisipasi Globalisasi Terhadap Pertumbuhan Karakter Naposo Bulung Di HKBP Pantai Cermin.” Innovative: Journal Of Social Science Research 4, no. 4 (2024): 4701–4716.
Siregar, Viktor Deni, and Fredik Melkias Boiliu. “Pendidikan Agama Kristen Humanis Sebagai Pendekatan Dalam Membina Sikap Toleransi Beragama.” REGULA FIDEI Jurnal Pendidikan Agama Kristen 8, no. 1 (2023): 10–17.
Tafonao, Talizaro, Ya’aman Gulo, Tri Murni Situmeang, and Agiana Her Visnhu Ditakristi. “Tantangan Pendidikan Agama Kristen Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Kristen Pada Anak Usia Dini Di Era Teknologi.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6, no. 5 (2022): 4847–4859.
Telaumbanua, Arozatulo. “Implementasi Pendidikan Agama Kristen Di Era Tekonologi.” SANCTUM DOMINE: JURNAL TEOLOGI (2020).
Togatorop, Jonson, Dyoys Anneke Rantung, Lamhot Naibaho, and Esti Regina Boiliu. “Pendampingan Pendidikan Agama Kristen Terhadap Peningkatan Literasi Digital Orangtua Milenial.” Regula Fidei: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 9, no. 1 (2024): 56–67.
Umrati, and Hengki Wijaya. Analisis Data Kualitatif Teori Konsep Dalam Penelitian Pendidikan. Sulawesi Selatan: Sekolah Tinggi Theologia Jaffray, 2020.
Walean, Rudi Roberto, Jefrit Johanis Messakh, Laurenz Enjelina Siagian, Fenieli Harefa, and Kasieli Harefa. “Peran Pendidikan Agama Kristen Bagi Remaja Dalam Menghadapi Tantangan Zaman Di Era Digital.” Regula Fidei: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 9, no. 1 (2024): 68–80.
William, Robert, and Ferry Simanjuntak. “Misi Gereja Era Post Modern.” Journal of Industrial Engineering & Management Research 3, no. 4 (2022): 120–131.
Zega, Yunardi Kristian. “Peran Guru PAK Memanfaatkan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Peserta Didik.” Jurnal Apokalupsis 13, no. 1 (2022): 70–92.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ruhut Parningotan Tambunan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.